Implementasi Asas-asas Hukum Ekonomi Perikatan Islam Terhadap Pelaksanaan Peraturan Menteri Perdagangan No 70 Tahun 2019 Pasal 16 Tentang Komisi dan atau Bonus Pada Agent PT. BEST Cabang Palembang

Pratama, Indra (2021) Implementasi Asas-asas Hukum Ekonomi Perikatan Islam Terhadap Pelaksanaan Peraturan Menteri Perdagangan No 70 Tahun 2019 Pasal 16 Tentang Komisi dan atau Bonus Pada Agent PT. BEST Cabang Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

PT. BEST merupakan perusahaan yang berpusat di Bandung dan memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia salah satunya di kota Palembang yang memiliki sistem jaringan atau Multi Level Marketing dan biasa disingkat menjadi MLM yang dalam pola perekrutannya banyak mengiming-imingi berupa Komisi dan/atau Bonus jika bergabung menjadi anggota atau agen dan mencapai target point yang telah di tentukan peruhaan. Masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana mekanisme pemberian komisi dan/atau bonus pada PT. BEST cabang Palembang berdasarkan peraturan menteri perdagangan nomor 70 tahun 2019 pada pasal 16. 2) Bagaimana implementasi asas-asashukum perikatan Islam terhadap pelaksanaan peraturan menteri perdagangan nomor 70 tahun 2019 pada pasal 16 tentang komisi dan/atau bonus. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) artinya sumber data-data yang di jadikan rujukan dalam penelitian ini yang berkaitan dengan objek skripsi, metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal, pertama dalam mekanisme pemberian komisi dan/atau bonus pada PT.BEST yaitu: 1) Mendaftarkan diri sebagai anggota, 2) Menjalankan kewajiban sebagai anggota atau agen seperti menjual produk, melakukan perekrutan member baru,melakukan repeat order dan lain sebagainya 3) Mendapatkan hak sesuai prestasi pointyang dilakukan yaitu komisi dan/atau bonus. Kedua, implementasi asas-asas hukum perikatan Islam pada PT. BEST yaitu: Asas Keadilan (al-‘Adalah) dalam melakukan perikatan dituntut berlaku benar, memenuhi perjanjian yang telah di buat dan memenuhi semua kewajibannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Asas-Asas Hukum Perikatan Islam, Komisi dan/atau Bonus
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: Indra pratama -
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:42
Last Modified: 30 Aug 2024 07:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40761

Actions (login required)

View Item View Item