WANDIRA, WAHYUNI (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KUALA SUNGAI PASIR. Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan pendekatan menyeluruh pembelajaran dalam mengelolah kegiatan pembelajaran untuk menyampaikan materi secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah secara efektif dan efisisen. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang bersifat eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Kuala Sungai Pasir yang sampelnya terdiri dari 2 kelas dengan menggunakan teknik acak kelas (Simple Random Sampling). Kelas Va sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write, sedangkan kelas Vb sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes soal pilihan ganda yang terdiri dari pretest posttest berjumlah 35 soal. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t . Berdasarkan hasil penelitian berpikir kritis, untuk uji t diperoleh thitung = 19,287 sedangkan ttabel = 2,052. Hasil belajar uji t menunjukkan t hitung = 31,745 sedangkan ttabel = 2,052 yang berarti thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Kuala Sungai Pasir.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write, Berpikir Kritis, Hasil Belajar. |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | WAHYUNI WANDIRA 2270211015 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:17 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40983 |
Actions (login required)
View Item |