KONTRIBUSI USAHA PETERNAKAN BEBEK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (STUDI DI DESA GUNUNG KEMBANG KECAMATAN MERAPI TIMUR KABUPATEN LAHAT)

Septia, Rahmayani (2024) KONTRIBUSI USAHA PETERNAKAN BEBEK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (STUDI DI DESA GUNUNG KEMBANG KECAMATAN MERAPI TIMUR KABUPATEN LAHAT). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIA RAHMAYANI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha peternakan merupakan salah satu sektor yang memiliki kedudukan penting dalam perekonomian di indonesia yang mampu mensejahterakan masyarakat desa. Selain sebagai sumber bahan makanan dan bahan mentah bagi sektor industri, juga merupakan lapangan pekerjaan bagi sebagian besar penduduk terutama penduduk desa, yang banyak mengeluti usaha peternakan baik sebagai usaha pokok ataupun sampingan. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa bagaimana kontribusi usaha peternak bebek terhadap kesejahteran masyarakat. Rumusan masalah dalam peneitian ini, yaitu: bagaimana kontribusi usaha peternak bebek terhadap kesejahteraan masyarakat dan apakah peternak bebek mendapatkan arahan tentang masalah sistem yang baik dalam berternakan bebek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memhami bagaimana kontribusi usaha petenak bebek terhadap kesejahteraan masyarakat dan Untuk mengetahui Apakah peternak bebek mendapatkan arahan tentang masalah sistem yang baik dalam berternak bebek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kontribusi yang dikemukakan oleh Eko Endarmoko, kontribusi yaitu ikut andil, memberikan bantuan, menyediakan jasa, pemberian dan pertolongan, sokongan dan sumbangan. Kontribusi yang dimaksudkan andil yang diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitiaan ini peneliti menggunakan reduksi data, deskriptif data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa petertrnakan bebek sangat berkontribusi dalam mensejahteraan masyarakat, dengan beternak bebek masyarakat memiliki pekerjaan sampingan yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan pendidikan. Selain dapat mensejahterakan peternaknya usaha bebek ini juga dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi para usaha UMK seperti para penjual makanan pinggir jalan. Untuk mengetahui sistem beternak yang baik para peternak belajar dari para peternak sebelumnya, ada juga yang mengikuti komunitas peternak bebek melalui media sosial, tak jarang juga masyarakat mengikuti ke majuan zaman dengan belajar melalui internet. Kata Kunci: Kontribusi, Petrnakan Bebek, Kesejahteraan Massyaarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: SEPTIA RAHMAYANI 2030505057
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:32
Last Modified: 05 Sep 2024 08:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41074

Actions (login required)

View Item View Item