Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kebijakan membayar royalti lagu/musik berdasarkan pasal 3 peraturan pemerintah nomor 56 tahun 2021 tentang pengelolaan royalti hak cipta lagu dan/atau musik

An-nisa, Khoirun (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kebijakan membayar royalti lagu/musik berdasarkan pasal 3 peraturan pemerintah nomor 56 tahun 2021 tentang pengelolaan royalti hak cipta lagu dan/atau musik. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
pdf cover nisa.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ilovepdf_split-range (1)-6.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Slideshow
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Slideshow
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Slideshow
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Slideshow
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2021 pemanfaatan hak cipta dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah adalah pemanfaatan hak ekonomi yang besifat komersial apakah telah sesuai dengan definisi komersial yang dimaksud dalam Undang-undang (UU) dan aturan sebelumnya atau tidak. Jika dilihat peraturan pemerintah masih kurang menjelaskan mengenai kriteria dan batasan penggunaan seperti apa yang masuk dalam pemanfaatan lagu/musik secara komersial. Jika termasuk bagian dari UMKM berapa tarif yang harus dibayarkan. Kemudian bagaimana sistem pembayaran royalti lagu/musik tersebut, karena dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 20 Tahun 2021 tidak dijelaskan secara pasti persentase yang didapatkan oleh pencipta. Berdasarkan latar belakang tersebut Rumusan Masalah Pertama, ?. Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Kebijakan Membayar Royalti Lagu Dan Musik Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik”. Cipta Lagu/Musik Bagaimana pengelolaan royalti hak cipta lagu/musik pada Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu/Musik ? Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap kebijakan membayar royalti lagu/musik berdasarkan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Penelitian merupakan Peneliti Kepustakaan (Library Research) yaitu dengan mengumpulkan data dari literatur yang berhubungan dengan permasalahan dibahas, jenis data yaitu data sekunder dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang menguraikan seluruh masalah dengan jelas. Berdasarkan hasil penelitian penulis yang telah di kaji Pertama, Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu/Musik adalah hak ekonomi Pencipta atau pemegang hak cipta yang dikelola, meliputi pertunjukan ciptaan, pengumuman ciptaan dan komunikasi ciptaan. Hak ekonomi Pelaku pertunjukan yang dikelola, meliputi penyiaran dan komunikasi atas pertunjukkan pelaku pertunjukkan. Hak ekonomi Produser fonogram yang dikelola, meliputi penyediaan atas fonogram dengan tanpa kabel yang dapat diakes publik. Kedua, Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap kebijakan membayar royalti lagu/musik terdapat akad Ijarah di dalamnya. Disebut akad ijarah adalah karena memiliki kesamaan illat, yaitu hak cipta diibaratkan kepada kebendaaan (harta) dapat disewakan dan pengguna mendapat manfaatnya dan pencipta sebagai pemilik benda tersebut kemudian karena LMKN sebagai penyedia jasa dalam mengelola royalti hak cipta lagu dan musik ini. Namun, akad tersebut tidak berjalan dengan baik karena salah satu syarat tidak terpenuhi yaitu kesepakatan sehingga dapat dikatakan akad yang terdapat dalam pengelolaan royalti hak cipta lagu dan/atau musik ini bersifat batal. Kata Kunci : PP Nomor 56 Tahun 2021, Royalti Lagu Dan Musik, Hukum Ekonomi Syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: PP Nomor 56 tahun 2021, Royalti Lagu dan Musik, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: KHOIRUN AN-NISA 1730104160
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:13
Last Modified: 10 Sep 2024 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41187

Actions (login required)

View Item View Item