STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA INDUSTRI RUMAHAN TEMPE DI GANG SALEH PLAJU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA

Khoiriyah, Muthmainnah Nur (2024) STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA INDUSTRI RUMAHAN TEMPE DI GANG SALEH PLAJU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER-1.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Bab01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab02.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab03.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
bab04.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab05.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran berperan krusial dalam meraih kesuksesan bisnis, sehingga bagian pemasaran memiliki peran vital dalam mewujudkan rencana bisnis. Untuk dapat terus bersaing dan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, sebuah perusahaan harus melakukan tindakan ini. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang berhasil dan memanfaatkan kesempatan untuk menaikkan jumlah penjualan, perusahaan dapat meningkatkan atau mempertahankan posisinya di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara pengusaha menerapkan strategi pemasaran syariah dan dampaknya terhadap peningkatan kesejahteraan mereka. Studi ini menerapkan metode kualitatif dalam bentuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan metode observasi, interogasi, dan pengumpulan dokumen. Cara untuk mengelola data meliputi pengurangan data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pengusaha sudah menggunakan strategi pemasaran berdasarkan syariah islam yang hampir sama dengan bauran pemasaran. Yang meliputi 1) segmentasi atau pendistribusian produk yang dilakukan oleh pengusaha secara langsung dijual kepada konsumen. 2) target pasar, dengan kebutuhan konsumen yang berbeda maka penjualan produk pun bervariasi. 3) posisi atau reputasi, pengusaha harus memiliki citra yang baik sehingga para pengusaha harus bersikap baik dan memiliki produk yang berkualitas. 4) taktik pemasaran, dengan menggunakan diferensiasi maka pengusaha memiliki inovasi yang dapat berkembang di jaman yang terus berubah ini. Pengusaha sudah membuat produk olahan yang berasal dari tempe. 5) nilai dari pemasaran yaitu halal dan baik, para pengusaha sudah menjaga kehigienisan produk dan sebagian sudah memiliki sertifikat halal. Pedagang di gang saleh sudah termasuk masyarakat sejahtera karena dapat memenuhi semua indikator peningkatan kesejahteraan, yaitu dari sisi jasmani dengan terpenuhinya sandang, pangan, dan papan mereka sehari-hari, serta dari sisi rohani pun mereka sudah dapat membayar zakat, memberi infak, sodaqoh, dan berbagi kepada panti asuhan. Kata Kunci : Pemasaran Syariah, Konsumen, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MUTHMAINNAH NUR KHOIRIYAH 1820602132
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:36
Last Modified: 17 Sep 2024 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41294

Actions (login required)

View Item View Item