Rahmawati, Sri Rizki (2024) KOMUNIKASI EMPATIK MUSYRIF KEPADA SANTRI DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER (Studi pada Asrama Putra Tsanawiyah Pondok Pesantren Qodratullah Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
Sri Rizki Rahmawati 2030701100.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Komunikasi empatik musyrif kepada santri dalam penanaman nilai karakter. Pada penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Qodratullah Kabupaten Banyuasin. Menggunakan teori interpersonal. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian terdapat faktor penghambat dan pendorong dalam penanaman nilai karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penanaman nilai karakter pada santri merupakan bagian integral dari pendidikan di pesantren, dan komunikasi empatik dari musyrif memainkan peran penting dalam proses ini. Penelitian ini mengeksplorasi komunikasi empatik yang diterapkan oleh musyrif kepada santri untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter. Komunikasi empatik yang efektif melibatkan pendekatan personal, pendengaran aktif, dialog dua arah, penggunaan bahasa positif, dan empati yang diwujudkan dalam tindakan nyata yang membuat santri merasa dilindungi dan beta berada di Pondok Pesantren. Musyrif sebagai garda terdepan menjadi teladan yang baik bagi santri, menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari, serta menggunakan pendekatan kolaboratif dalam kegiatan kelompok. Dengan demikian, komunikasi empatik sangat efektif dalam penanaman nilai karakter pada santri di lingkungan Pondok Pesantren. Kata Kunci : Komunikasi Empatik, Musyrif, Santri, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FISIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 00:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 00:04 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41397 |
Actions (login required)
View Item |