Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Di Prabumulih (Studi Komparatif Masyarakat Kelurahan Gunung Kemala Dan Tanjung Telang)

Damanik, Aida Nur Rezky (2023) Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Di Prabumulih (Studi Komparatif Masyarakat Kelurahan Gunung Kemala Dan Tanjung Telang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan berkembang sebagai hasil dari perubahan peraturan, persaingan, dan peluang ekonomi. Pengembangan sistem perbankan syariah di Indonesia dilakukan dalam kerangka dual-banking system atau sistem perbankan ganda dalam kerangka Arsitektur Perbankan Indonesia (API), untuk menghadirkan alternatif jasa perbankan yang semakin lengkap kepada masyarakat Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah persepsi masyarakat Kelurahan Gunung Kemala dan Tanjung Telang di Prabumulih (Studi Komparatif Masyarakat Kelurahan Gunung Kemala dan Tanjung Telang). Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh penginderaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisi persepsi masyarakat, menganalisis perbandingan pemahaman, menganalisis sejauh mana minat masyarakat Kelurahan Gunung Kemala dan Tanjung Telang terhadap Perbankan Syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif lapangan. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Sedangkan untuk mendapatkan data yang di inginkan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan dimana, secara umum masyarakat Kelurahan Gunung Kemala Dan Tanjung Telang belum sepenuhnya memahami tentang perbankan syariah. Landasan ini didasari karena adanya persepsi masyarakat tentang perbankan syariah yang masih kurang pemahaman atau pengetahuan terhadap perbankan syariah, serta masyarakat yang masih beranggapan bahwa perbankan syariah dan konvensional itu sama saja. Dari analisis komparatif atau perbandingan pemahaman masyarakat Kelurahan Gunung Kemala dan Tanjung Telang dari segi persamaan dimana kedua masyarakat sama-sama belum ataupun kurang paham mengenai perbankan syariah, dan perbedaan terletak pada penggunaan layanan perbankan syariah, masyarakat di Tanjung Telang sebagian pernah menggunakan produk atau layanan jasa dari perbankan syariah baik itu pembayaran UKT ataupun Pinjaman. Dari segi ketertarikan masyarakat terhadap bank syariah dimana, masyarakat Kelurahan Gunung Kemala cukup tertarik menggunakan perbankan yang berbasis syariah dikarenakan bank Islam yang sudah pasti kesyariahannya dan terhindar dari riba. Untuk masyarakat Tanjung Telang masih mempertimbangkan dalam penggunaan perbankan yang berbasis syariah dikarenakan banyak masyarakat yang masih terikat pinjaman pada bank konvensional tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jasa dari bank syariah. Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Perbankan Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: AIDA NUR REZKY DAMANIK 1910603033
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:37
Last Modified: 26 Sep 2024 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41486

Actions (login required)

View Item View Item