Tinjauan Asas-asas Hukum Ekonomi Syariah terhadap Bagi Hasil Pada Jasa Pemeliharaan Sapi Jantan (Studi Kasus di Desa Gedung Rejo Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Jahilani, Aris (2024) Tinjauan Asas-asas Hukum Ekonomi Syariah terhadap Bagi Hasil Pada Jasa Pemeliharaan Sapi Jantan (Studi Kasus di Desa Gedung Rejo Kabupaten Ogan Komering Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Archive
Full Bab Aris

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Asas-Asas Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Bagi Hasil Pada Jasa Pemeliharaan Sapi Jantan (Studi Kasus Di Desa Gedung Rejo Kabupaten Ogan Komering Ilir). Pada asas-asas hukum ekonomi syariah terhadap bagi hasil jasa pemeliharaan sapi jantan, apakah semuanya sudah sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana akad bagi hasil pada jasa pemeliharaan sapi jantan di Desa Gedung Rejo Kabupaten Ogan Komering Ilir? 2) Bagaimana tinjauan asas-asas hukum ekonomi syariah terhadap bagi hasil pada jasa pemeliharaan sapi jantan di Desa Gedung Rejo Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ilir?. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan mendatangi secara langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat dua cara akad bagi hasil yaitu : akad bagi hasil sesuai tradisi dan sesuai akad bagi hasil mudharabah terhadap jasa pemeliharaan sapi jantan. Pertama pemodal membagi hasil penjualan dibagi menjadi 2 (dua) dan tidak memberikan uang tambahan atas jasa pemeliharaannya, apalagi saat terjadi kerugian pada saat pemeliharaan pemodal tidak mau menanggung kerugiannya. Kedua akad bagi hasil mudharabah, pemodal membagi dua hasil jasa pemeliharaan sapi jantan tersebut, dan memberi keuntungan tambahan untuk pakan, tenaga dan lainnya. Dalam pembagian keuntungannya diperbolehkan, karena bagi hasil pada jasa pemeliharaan sapi jantan di Desa Gedung Rejo Kabupaten Ogan Komering Ilir termasuk dalam mudharabah. Dikatakan sebagai mudharabah, karena disaat terdapat kerugian akan ditanggung bersama, jika kerugian disengaja oleh pihak pengelola maka pengelola yang akan menanggung kerugiannya. Kata Kunci: Hukum Islam, Bagi Hasil, Jasa Pemeliharaan Sapi, Mudharabah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ARIS JAHILANI 2020104069
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:59
Last Modified: 01 Oct 2024 01:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41528

Actions (login required)

View Item View Item