PENGARUH USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENOPANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SUNGAI LILIN, KABUPATEN MUSI BANYUASIN MENURUT TINGKAT KEMASLAHATANNYA (Skripsi)

Sari, Ratna (2016) PENGARUH USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENOPANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SUNGAI LILIN, KABUPATEN MUSI BANYUASIN MENURUT TINGKAT KEMASLAHATANNYA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Ratna Sari_FebEkoIsl.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menopang Kesejahteraan masyarakat Kecamatan Sungai Lilin sangat penting. Karena pemerataan pembangunan dapat diwujudkan dalam bentuk pemerataan lapangan kerja dan kesempatan berusaha sebagai usaha untuk menciptakan pemerataan pendapatan. Pembangunan di bidang sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan pembangunan nasional tersebut karena populasinya sangat besar dan memiliki peranan penting dalam perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha. Salah satu keistimewaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terlihat ketika Indonesia di guncang krisis ekonomi yang melemahkan hampir semua sektor ekonomi. Saat itu, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu bertahan menghadapi goncangan dibandingkan dengan usaha besar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Menopang Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin menurut Tingkat Kemaslahatannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear sederhana yakni uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial. Dalam memperoleh data dilakukan dengan cara kuesioner yaitu merupakan daftar pertanyaan yang disusun untuk diajukan kepada responden untuk dijawab dan dokumentasi merupakan cara mendapatkan data mengenai sejarah dan struktur organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan besar korealsi antara Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (variabel X) secara keseluruhan terhadap Kesejahteraan (variabel Y) sebesar 0,588 (hubungan kedua variabel cukup kuat). Dilihat dari angka sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,001. Hubungan antara dua variabel adalah signifikan. Dan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa, variabel independen bisa menjelaskan sebesar 34,5% terhadap variabel dapenden, sedangkan sisanya 65,5% dijelaskan oleh faktor lain diluar model persamaan regresi linear sederhana.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 29 Apr 2016 07:09
Last Modified: 29 Apr 2016 07:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item