TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM PENGGUNA APLIKASI BINOMO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (STUDI PUTUSAN NOMOR 1240/PID.SUS/2022/PN.TNG)

Harmania, Harmania (2024) TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM PENGGUNA APLIKASI BINOMO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (STUDI PUTUSAN NOMOR 1240/PID.SUS/2022/PN.TNG). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
A5 harmania fiks acc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
a5 Harmania-1 hh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penipuan Online merupakan penipuan yang dilakukan melalui internet sehingga termasuk kedalam tindakan yang dapat dikenakan hukuman bentuk pokok oleh pembentuk undang-undang telah diatur dalam pasal 45a ayat 1. Penelitian ini berjudul Tindak Pidana Penipuan Dalam Pengguna Aplikasi Binomo Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif Studi Putusan Nomor 1240/Pid.Sus/2022/Pn.Tng. Binomo merupakan aplikasi trading online binary option yang memiliki berbagai asset untuk diperdagangkan kepada trader. Penelitian ini dibuat untuk menjawab permasalahan tentang apa yang melatar belakangi terjadinya tindak pidana penipun dalam pengguna aplikasi binomo pada Putusan Nomor 1240/Pid.Sus/2022/Pn.Tng dan pandangan hukum islam dan hukum positif dan komparasi hukum islam dan hukum postif terhadap tindak pidana penipuan dalam pengguna aplikasi binomo. Metode penelitian yang dipakai menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Data yang diperoleh berasal dari kajian suatu kepustakaan yaitu teknik putusan, dokumentasi. Serta kepustakaan buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan yang di bahas. Berdasarkan yang melatar belakangi penipuan tentu minimnya pengetahuan terhadap informasi mengenai trading dan mata uang digital. Menurut Hukum Islam sanksi bagi pelaku tindak pidana penipuan pada Putusan Nomor 1240/Pid.Sus/2022/Pn.Tng mendapatkan hukuman jarimah ta’zir sedangkan hukum positif Hakim menjatuhkan sanksi pidana penjara selama 10 tahun dan denda sebesar 5 miliar apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 10 bulan, Hukum Islam dan hukum positif sama-sama memandang bahwa penipuan merupakan perbuatan yang buruk dan dapat merugikan orang lain. Kata kunci : Penipuan, Binomo, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penipuan, Binomo, Hukum Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: Harmania - 2030102037
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:40
Last Modified: 08 Oct 2024 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41646

Actions (login required)

View Item View Item