PEMETAAN NILAI-NILAI TASAWUF DALAM KARYA SASTRA (Studi Analisis Terhadap Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur Karya Malik Al Mughis)

AMANIA, ZAHRA (2024) PEMETAAN NILAI-NILAI TASAWUF DALAM KARYA SASTRA (Studi Analisis Terhadap Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur Karya Malik Al Mughis). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI_ZAHRA AMANIA B5.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemetaan Nilai-Nilai Tasawuf dalam Karya Sastra (Studi Analisis Terhadap Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur Karya Malik Al Mughis)”. Penelitian ini didasarkan pada adanya pemahaman bahwa tasawuf memiliki hubungan yang erat dengan karya sastra. Sastra menjadi kajian penting dalam memahami hubungan antara seni dan spiritualitas Islam, karena ajaran Islam yang berdasarkan pada firman Allah SWT yaitu kitab suci al-Qur‟an. Seni tidak hanya sebagai media hiburan. Namun, orang yang menciptakan keseniaan mempunyai tujuan�tujuan tertentu. Misalnya, sebagai mata pencaharian dan berdakwah bagi mereka yang menikmati suatu karya seni tertentu untuk menghayati nilai seni yang terkandung didalamnya. Seni berkaitan dengan keindahan, kesenangan dan segala sesuatu yang mengasyikkan. Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur adalah sebuah buku nonfiksi yang mengandung nilai-nilai ajaran tasawuf. Buku ini menggambarkan kehidupan manusia yang seringkali mengeluh, membanding-bandingkan kehidupannya dengan orang lain, berprasangka buruk kepada Allah SWT, telah diberikan kenikmatan oleh Allah SWT tetapi malah mengingkari dan mengkufurinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai nilai-nilai tasawuf dalam buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur karya Malik Al Mughis. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Dimana Fokus kajian penelitian ini menyoroti nilai-nilai tasawuf apa saja yang terkandung dalam buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur karya Malik Al Mughis, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tasawuf. Adapun Sumber Data Primer penelitian ini adalah buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur karya Malik Al Mughis dan Sumber Data Primer Tasawuf penelitian ini adalah buku Ilmu Tasawuf karya Samsul Munir Amin, Ilmu Tasawuf Sebuah Kajian Tematik karya Zaprulkhan, serta buku Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia Edisi Revisi karya Abuddin Nata sedangkan Sumber Data Sekunder diperoleh dari analisis dokumen dalam buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur karya Malik Al Mughis yang berkaitan dengan nilai-nilai tasawuf yang terdapat di dalam buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi sedangkan teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur mengandung nilai-nilai tasawuf di dalamnya antara lain: 1) nilai syukur, 2) nilai sabar, 3) nilai ikhlas, 4) nilai tawakal, dan 5) nilai mahabbah. Kata Kunci: Nilai-nilai tasawuf, Berprasangka buruk, Mengeluh, Seni Sastra

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:07
Last Modified: 14 Oct 2024 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41680

Actions (login required)

View Item View Item