Problematika Cerai Gugat pada Usia Pernikahan di Atas 30 Tahun (Studi Putusan Pengadilan Agama Pangkalan Balai Kelas II)

AR, SULISTIAWATI. (2024) Problematika Cerai Gugat pada Usia Pernikahan di Atas 30 Tahun (Studi Putusan Pengadilan Agama Pangkalan Balai Kelas II). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIAWATI. AR FULL BAB.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Problematika Cerai Gugat Pada Usia Pernikahan di Atas 30 Tahun (Studi Putusan Pengadilan Agama Pangkalan Balai Kelas II).” Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah adanya permasalahan cerai gugat dengan usia pernikahan di atas 30 tahun, dan berarti pasangan suami istri tersebut mengakhiri hubungan pernikahannya dengan usia pernikahan yang tidak sebentar, selain itu, di usia yang demikian tentu sudah memiliki anak atau bahkan cucu. Hal ini menunjukkan bahwa rumah tangga pasangan tersebut tidak sejalan dengan tujuan pernikahan, yaitu untuk membangun keluarga yang bahagia dan kekal selama-lamanya. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu, apa problematika cerai gugat pada usia pernikahan di atas 30 tahun dan bagaimana pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika dan pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara cerai gugat pada usia pernikahan di atas 30 tahun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Pengadilan Agama Pangkalai Balai melalui wawancara dengan para hakim menunjukkan, bahwa faktor penyebab cerai gugat pada usia pernikahan di atas 30 tahun, yaitu suami tidak bertanggung jawab sebagai kepala keluarga, suami berselingkuh/memiliki wanita idaman lain, melakukan KDRT, perselisihan terus menerus, dan meninggalkan pihak istri. Adapun dalam memutus perkara cerai gugat pada usia pernikahan di atas 30 tahun, hakim mempertimbangkan berdasarkan prosedur yang sudah memenuhi syarat, keinginan kuat para pihak, dan mengambil kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cerai Gugat, Pengadilan Agama, Usia Pernikahan
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: SULISTIAWATI AR 2030101146
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:55
Last Modified: 14 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41754

Actions (login required)

View Item View Item