ANALISIS SISTEM BAGI HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP JAGUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Pelangki Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan)

Anggela, Dwi Febri (2024) ANALISIS SISTEM BAGI HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP JAGUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Pelangki Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER DWIFA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi dwifa.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 1-5 DWIFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DWIFA.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Dilatarbelakangi bahwa fenomena ini adanya ketidakjelasan batas waktu perjanjian antar kedua belah pihak, tidak adanya perjanjian secara tertulis dalam kerjasama yang dijalankan maka ketika terjadi perselisihan diantara kedua belah pihak mereka tidak dapat membela pihak yang dirugikan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Sistem Bagi Hasil Jagung Antara Pemilik dan Penggarap Jagung di Desa Pelangki dan Bagaimana Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Sistem Bagi Hasil Dalam Kerjasama Pengelolaan Kebun Jagung di Desa Pelangki. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kegiatan bagi hasil yang dilakukan di Desa Pelangki Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan menggunakan akad Muzara’ah. Bagi hasil yang dilakukan belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam karena adanya jangka waktu akad yang tidak ditetapkan secara jelas sehingga bisa merugikan salah satu pihak serta perjanjian yang dilakukan hanya secara lisan saja dan tidak secara tertulis. Namun tidak sepenuhnya bertentangan dengan hukum Islam karena praktik bagi hasil yang dilakukan masyarakat Desa Pelangki yaitu menjunjung tinggi nilai ketuhanan, menjaga amanah yang dipercayakan kepada penggarap kebun, menguntungkan kedua belah pihak, mendapatkan hak masing-masing, serta adanya unsur keadilan. Kata kunci: Sistem Bagi Hasil, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sistem Bagi Hasil, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Dwi Febri Anggela 2020602053
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:54
Last Modified: 14 Oct 2024 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41770

Actions (login required)

View Item View Item