UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PELAKU PERCOBAAN TINDAK PIDANA PENCURIAN MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Kasus Di Kepolisian Resor Kota Lubuk Linggau)

Alsari, Idsya Roya (2024) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PELAKU PERCOBAAN TINDAK PIDANA PENCURIAN MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Kasus Di Kepolisian Resor Kota Lubuk Linggau). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Slideshow
SKRIPSI IDSYA ROYA ALSARI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy

Abstract

Percobaan tindak pidana pencurian mesin anjungan tunai mandiri merupakan tindakan yang melawan hukum, tindakan yang melanggar hukum dianggap sebuah kejahatan kriminal. Tindak pidana ini perlu adanya upaya kepolisian untuk menanggulagi hal tersebut. Dari permasalahan ini maka penulis memandang perlu diadakannya penelitian dengan judul “Upaya Kepolisian Dalam Menanggulangi Pelaku Percobaan Tindak Pidana Pencurian Mesin Anjungan Tunai Mandiri Ditinjau dari Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Di Kepolisian Resor Kota Lubuk Linggau)”. Dengan rumusan masalah yaitu 1. Apakah upaya kepolisian dalam menanggulangi pelaku percobaan tindak pidana pencurian mesin anjungan tunai mandiri di Kepolisian Resor Kota Lubuk Linggau 2. Bagaimanakah tinjauan hukum pidana islam terhadap pelaku percobaan tindak pidana pencurian mesin anjungan tunai mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris yaitu dengan cara menggabungkan bahan-bahan hukum data sekunder dan data primer yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan, mendeskripsikan, dan menjelaskan segala permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Upaya kepolisian dalam menanggulangi pelaku percobaan tindak pidana pencurian mesin anjungan tunai mandiri yaitu upaya represif. Upaya represif diawali dengan mencari informasi dan melakukan penyelidikan, melakukan penyamaran dan berkoordinasi dengan kepolisian sektor. Adapun upaya preventif untuk pencegahan bagi pelaku percobaan tindak pidana pencurian. 2. Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap percobaan tindak pidana pencurian mesin anjungan tunai mandiri termasuk ke dalam jarimah ta’zir yang berkaitan dengan harta dan menentukan hukuman tersebut adalah hakim dan diterapkan hukuman penjara untuk mencegah melakukan perbuatan yang melanggar hukuman dan memberi sanksi. Kata kunci: Kepolisian, Pencurian, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Percobaan Pencurian
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: IDSYA ROYA ALSARI 2020103075
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:48
Last Modified: 24 Oct 2024 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41815

Actions (login required)

View Item View Item