Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Tindak Pidana Penipuan Berkedok Prostitusi Melalui Aplikasi MiChat Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan

Sari, Meliza Migia (2024) Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Tindak Pidana Penipuan Berkedok Prostitusi Melalui Aplikasi MiChat Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Meliza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Tindak Pidana Penipuan Berkedok Prostitusi Melalui Aplikasi MiChat Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan”. Tujuan peneliatian ini adaah untuk mengetahui proses terjadinya tindak pidana penipuan berkedok prostitusi melalui aplikasi MiChat di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap tindak pidana penipuan berkedok prostitusi melalui aplikasi MiChat di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dan jenis data Kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dan sumber data sekunder diambil dari literatur yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses terjadinya tindak pidana penipuan berkedok prostitusi melalui aplikasi MiChat di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan ini terjadi dimana pelaku menggunakan sebuah aplikasi bernama MiChat yang digunakan sebagai sarana tindak pidana penipuan berkedok prostitusi, dimana pelaku mencantumkan deskripsi bahwasanya akun tersebut menerima jasa prostitusi, dengan begitu pelaku akan menerima pesan masuk dari konsumen yang ingin menggunakan jasa tersebut, selanjutnya proses komunikasi dimulai dan terjalinlah negosiasi harga, tempat, dan bagaimana prostitusi tersebut bisa dilakukan, selanjutnya transaksi pembayaran berlangsung, kemudian pelaku memblokir akun tersebut agar tidak bisa berkomunikasi dan mengirim pesan antar satu sama lain. Dalam pandangan hukum Islam, penipuan berkedok prostitusi melalui aplikasi MiChat yang terjadi di Desa Pulau Panggung Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan dapat dikategorikan sebagai jarimah ta’zir. Dalam jarimah ta’zir, hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana penipuan diberikan kepada ulil amri atau hakim di persidangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam, Tindak Pidana Penipuan, Aplikasi MiChat
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: MELIZA MIGIA SARI 1830103184
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:17
Last Modified: 21 Oct 2024 03:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41909

Actions (login required)

View Item View Item