ANALISIS PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BMT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERIODE 2009-2013 (Study kasus pada BMT Muawanah Plaju) (Skripsi)

Fitri, Yunita (2016) ANALISIS PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BMT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERIODE 2009-2013 (Study kasus pada BMT Muawanah Plaju) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Yunita Fitri_FebEkoIsl.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Pembiayaan Mudharabah merupakan pembiayaan yang dilakukan oleh dua belah pihak, dimana pihak pertama sebagai pemberi modal (shahibul maal) dan pihak kedua pengelolah modal (mudharib). Dengan demikian penulis mengadakan penelitian lanjut dengan judul “ Analisis Pembiayaan Mudharabah pada BMT dalam meningkatkan pendapatan masyarakat (study kasus BMT Muawanah Plaju) Tujuan penulis mengangkat judul ini Untuk mengetahui realisasi pembiayaan mudharabah pada BMT Muawanah Plaju dan mengetahui apakah dengan adanya pembiayaan mudharabah pada BMT Muawanah Plaju tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Adapun tujuan dari pendirian BMT adalah untuk mewujudkan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat agar menjadi lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. Baik dari segi usahanya maupun dari segi pemahaman pola ekonomi syariah. Hasil dari penelitian tersebut Realisasi didalam BMT Muawana cukup bagus karena dapat memperlancar perekonomian masyarakat dan mampu menekan terjadinya inflasi karena tidak adanya ketetapan bunga yang harus dibayarkan, sehingga dapat membangkitkan motivasi dan kewirausahawan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatannya.Selain itu, dengan adanya BMT juga dapat mengubah pandangan kaum muslimin dalam setiap transaksi perdagangan dan keuangan yang berdasarkan dengan prinsip syariah Pembiayaan Mudharabah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dimana peningktana tersebut mencapai 99 %, kerena dapat membantu ekonomi dan biaya pendidikan anak-anak mereka. Sehingga adanyaPembiayaan dengan sistem mudharabah yang diberikan pada masyarakat khusunya para pedagang yang kekurangan modal, mereka tidak perlususah untuk mencari pinjaman. Karena dengan bertambahnya modal,usaha pun telah mengalami kemajuan yakni adanya peningkatan dalam hal pendapatan, produksi dan kinerjanya. Sehingga dengan meningkatnya produksi maka secara otomatis pendapatan juga meningkat.Ini yang mengakibatkan para masyarakat dan para pedagang semakin sejahtera dan makmur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah, BMT, pendapatan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 08:15
Last Modified: 02 May 2016 08:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item