PELAKSANAAN PINJAM MEMINJAM UANG MELALUI KOPERASI USAHA MANDIRI DI MTsN BATURAJA KABUPATEN OKU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Skripsi)

Putra, Dian Parmana (2016) PELAKSANAAN PINJAM MEMINJAM UANG MELALUI KOPERASI USAHA MANDIRI DI MTsN BATURAJA KABUPATEN OKU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Dian Parmana Putra_FebEkoIsl.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Koperasi mempunyai peran penting dalam tercapainya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Koperasi merupakan suatu wadah untuk bergabung dan berusaha secara bersama agar kekurangan yang terjadi dalam kegiatan ekonomi dapat diatasi melalui usaha simpan pinjam. Dengan demikian adanya koperasi dapat menolong ekonomi lemah, serta para anggota khususnya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kehidupannya. Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga non bank yang kegiatannya berupa simpan pinjam, oleh karena itu dalam melakukan kegiatan usahanya dapat menerima simpanan atau penghimpunan dana dan menyalurkannya kembali dengan memberikan pinjaman uang kepada anggotanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini menggambarkan dan menjelaskan bagaimana sistem dan prosedur pinjam meminjam uang, serta bagaimana praktik pinjam meminjam uang di Koperasi Usaha Mandiri MTsN Baturaja ditinjau dari perspektif ekonomi Islam dengan melihat aspek-aspek Islam yang ada pada koperasi tersebut. Koperasi Usaha Mandiri MTsN Baturaja ini beranggotakan para guru dan staf yang bekerja dilingkungan sekolah MTsN Baturaja. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Koperasi Usaha Mandiri MTsN menggunakan sistem bunga tetap sebesar 1% perbulannya, dan hanya anggota terdaftar yang dapat mengajukan pinjaman uang, prosedur dalam pengajuan pinjaman cukup dengan mengajukan pinjaman dengan mendaftarkan nama terlebih dahulu dan menunggu proses pencairan dana pinjaman uang. Dalam koperasi ini terdapat aspek-aspek hukum ekonomi Islam yang berlandaskan Al-Quran, bahwa sebagian besar cita-cita koperasi sudah sejalan dengan ajaran Islam dalam hal tolong menolong antar sesama, terutama dalam hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup, akan tetapi dalam pelaksanaan pengembalian pinjaman tersebut masih menggunakan bunga yang tidak dibolehkan dalam Islam yang hukumnya haram karena mensyaratkan kepada peminjam untuk mengembalikan hutangnya dengan adanya tambahan atau manfaat. Adapun koperasi syariah yang merupakan solusi yang dapat diterapkan karena berlandaskan hukum Islam, agar dapat memilih cara bermuamalah yang seimbang antara dunia dan akhirat. Dari kesimpulan ini peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini hendaknya dijadikan acuan penelitian serupa yang berbeda kajian objek ataupun lokasi penelitiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pinjam meminjam Uang, Koperasi, Ekonomi Islam.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 08:55
Last Modified: 02 May 2016 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item