Agustin, Marcellia (2025) Perilaku Self Esteem Support Dalam Petemanan Untuk Mencegah Tindakan Self Injury Remaja ( Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas Bina Mandiri Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
|
Text
COVER..pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (153kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I..pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
![]() |
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
![]() |
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
![]() |
Text
BAB V..pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (530kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Perilaku self injury atau yang lebih dikenal dengan self harm pada remaja menjadi salah satu masalah psikologis yang semakin banyak ditemui. Perilaku self injury seringkali disebabkan oleh perasaan negatif atau tekanan emosional yang tidak terungkapkan secara verbal. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Bina Mandiri, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku self esteem support (peran dukungan penghargaan diri) dalam pertemanan dapat mencegah terjadinya tindakan self injury pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dari teman, seperti mendengarkan tanpa menghakimi, memberikan motivasi, serta mengingatkan bahwa remaja tersebut berharga, berperan penting dalam membantu remaja mengatasi perasaan negatif dan tekanan emosional yang dapat memicu perilaku self injury tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori kebutuhan manusia oleh Abraham Maslow yang menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan penghargaan diri sangat relevan dalam mencegah perilaku self injury. Kata Kunci: Self Injury, Self Esteem Support, Remaja ABSTRACT Self injury behavior, also known as self harm, among adolescents has become an increasingly prevalent psychological issue. It is often triggered by negative feelings or emotional pressures that are not expressed. This study was conducted at Bina Mandiri Senior High School in Talang Kelapa District, Banyuasin Regency, with the aim of analyzing the role of self-esteem support from peers in preventing self-injury behavior among adolescents. The research method used was qualitative, involving observations and in-depth interviews. The findings of the study indicate that peer support, such as listening without judgment, providing motivation, and reminding the adolescent of their worth, plays a crucial role in helping adolescents cope with negative emotions and pressures that could lead to self injury behavior. The theory used in this study is Abraham Maslow's Human Needs Theory, which emphasizes the importance of fulfilling the need for self esteem in preventing self injury behavior. Keywords: Self Injury, Self Esteem Support, Adolescent
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | MARCELLIA AGUSTIN 2010701020 |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:38 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:38 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |