Liza, Puji Lestari, and Ismail, Sukardi and Mardiah, Astuti (2024) PEMIKIRAN KRITISISME DAN REFORMISME KONTEMPORER DALAM TEORI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Pendas; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (4). pp. 474-489. ISSN p.2477-2143 e.2548-6950
|
Text
587.+Liza+Puji+Lestari,+Ismail+Sukardi,+Mardiah+Astuti,+dkk+B.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan zaman dan globalisasi menuntut umat Islam untuk beradaptasi dengan tantangan modern dalam sains, teknologi, dan sosial-budaya. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran kritisisme dan reformisme kontemporer dalam teori pendidikan Islam, dengan fokus pada gagasan Ibrahim Abu Rabi dan Tariq Ramadan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menggali konsep kritisisme, yang menekankan pentingnya berpikir kritis dan sintesis antara rasionalisme serta empirisme, serta reformisme, yang bertujuan untuk perubahan bertahap menuju masyarakat yang lebih inklusif dan adil. Temuan menunjukkan bahwa pemikiran Abu Rabi mengedepankan integrasi ilmu pengetahuan dan nilainilai spiritual untuk membentuk individu yang bermoral, sedangkan Tariq Ramadan mengadvokasi pendidikan yang berbasis nilai universal, dialog antarbudaya, dan reformasi kurikulum yang relevan dengan tantangan global. Hasil penelitian ini merekomendasikan pendekatan multidisipliner, pembelajaran berbasis masalah, dan penguatan pendidikan karakter dalam pendidikan Islam kontemporer. Kesimpulannya, integrasi nilai-nilai Islam dan pendekatan modern dapat meningkatkan relevansi pendidikan Islam dalam membentuk generasi yang kritis, inklusif, dan bertanggung jawab secara sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 05:11 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 05:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |