DISKURSUS ALIRAN UTAMA FILSAFAT PENDIDIKAN: PERENIALISME, ESENSIALISME, PROGRESIVISME, DAN REKONSTRUKSIONISME

HIDAYATULLAH, HIDAYATULLAH and Ismail, Sukardi and Mardiah, Astuti and Andre, Bahrudin (2024) DISKURSUS ALIRAN UTAMA FILSAFAT PENDIDIKAN: PERENIALISME, ESENSIALISME, PROGRESIVISME, DAN REKONSTRUKSIONISME. urnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (4). pp. 17510-17521. ISSN P-2655-710X e-ISSN 2655-6022

[img]
Preview
Text
mrizal1,+89.+Hidayatullah_JRPP+ok.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aliran utama filsafat pendidikan, yaitu perenialisme, esensialisme, progresivisme, dan rekonstruksionisme, dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan berupa studi kualitatif dengan pendekatan literatur, mengkaji berbagai konsep dasar, sejarah, tokoh, serta implikasinya dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perenialisme menekankan nilai-nilai abadi untuk membentuk individu yang bermoral; esensialisme fokus pada nilai-nilai fundamental yang terbukti tahan lama; progresivisme menekankan fleksibilitas, relevansi pembelajaran dengan kebutuhan zaman, dan aktivitas belajar berbasis pemecahan masalah; sementara rekonstruksionisme berupaya membangun masyarakat baru yang lebih baik melalui pendidikan berbasis nilai-nilai universal. Keempat aliran ini memberikan landasan filosofis yang signifikan bagi pengembangan pendidikan yang lebih relevan dan dinamis.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Apr 2025 11:17
Last Modified: 16 Apr 2025 11:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45607

Actions (login required)

View Item View Item