OPTIMALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PONDOK PESANTREN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

Mardiah, Astuti and Fajri, Ismail (2024) OPTIMALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PONDOK PESANTREN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. In: International Seminar on Islamic Education and Peace.

[img]
Preview
Text
_26-Mardiah+Astuti+-+157-169.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal telah dapat memenuhi kebutuhan siswa dan guru serta pencapaian tujuan pendidikan pada pondok pesantren di Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mengambil dua pondok pesantren yang ada di provinsi Sumatera Selatan sebagai Lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini yaitu, optimalisasi kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada Pondok Pesantren di Sumatera Selatan tidak hanya akan memperkaya pengalaman belajar siswa, tetapi juga akan membentuk individu yang lebih berkarakter dan berdaya saing. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengelola pondok pesantren untuk terus melakukan inovasi dalam kurikulum pendidikan karakter agar selaras dengan perkembangan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai lokal yang ada.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Apr 2025 11:33
Last Modified: 16 Apr 2025 11:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45610

Actions (login required)

View Item View Item