Aiman, Fikri and Ismail, Sukardi and Mardiah, Astuti and MUHAMMAD, IQBAL (2024) Falsafah Kritis dan Marxisme dan Teori Pendidikan Kritis Paulo Freire dan Henry Giroux. Indonesian Research Journal on Education, 4 (4). pp. 2810-2817.
|
Text
_Vol+4+No4+-+Aiman+Fikri.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas falsafah kritis dan Marxisme serta kontribusi teori pendidikan kritis dari Paulo Freire dan Henry Giroux dalam konteks pendidikan. Penelitian ini dilakukan melalui kajian pustaka yang berfokus pada sumber-sumber ilmiah relevan terkait topik. Falsafah kritis dan Marxisme menekankan pentingnya analisis terhadap struktur kekuasaan dan ideologi dalam pendidikan, sedangkan teori Freire menekankan pendidikan dialogis yang membebaskan individu dari penindasan. Henry Giroux melanjutkan pemikiran ini dengan menekankan pendidikan sebagai arena resistensi budaya dan perubahan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan kritis dapat membangun kesadaran siswa terhadap realitas sosial, memberdayakan mereka sebagai agen perubahan, serta mengkritisi ideologi dominan. Kesimpulannya, pendekatan pendidikan kritis penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang inklusif dan responsif terhadap tantangan sosial saat ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 12:05 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 12:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |