Nyayu, Afriyani Nur Fadliana and Ismail, Sukardi and Mardiah, Astuti (2024) Falsafah Pendidikan Timur:: Konfusianisme, Hindu-Buddha, dan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4 (4). 2463 -2471.
|
Text
_Vol+4+No+4+-+Nyayu+Afriyani+Nur+Fadliana.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas falsafah pendidikan Timur dengan fokus pada tradisi Konfusianisme, Hindu-Buddhis, dan Islam. Setiap tradisi menawarkan nilai-nilai unik seperti pembentukan karakter, kesadaran spiritual, dan keselarasan antara ilmu agama dan duniawi. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis kajian pustaka untuk mengidentifikasi prinsip inti dari masing-masing tradisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Konfusianisme menekankan kebajikan, harmoni sosial, dan teladan, sementara tradisi Hindu-Buddhis menyoroti spiritualitas, meditasi, dan pencerahan diri. Pendidikan Islam mengintegrasikan aspek intelektual dan spiritual untuk membentuk individu yang holistik. Penelitian ini memberikan perspektif baru tentang bagaimana nilai-nilai pendidikan Timur dapat diadaptasi untuk menghadapi tantangan pendidikan kontemporer, seperti globalisasi dan krisis identitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 12:10 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 12:10 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |