Perkembangan Keberhasilan Psikologi Anak di Kelas V SDN 126 Palembang

Mardiah, Astuti and MUTYATI, MUTYATI and Vyolin, Margaretha and Riztya, Anggi (2024) Perkembangan Keberhasilan Psikologi Anak di Kelas V SDN 126 Palembang. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5 (1). pp. 47-53. ISSN e-ISSN: 2774-616x : p-ISSN: 2721-1339

[img]
Preview
Text
_5.+JIPM+KRAMAT+JATI+JKT-Perkembangan+Keberhasilan+Psikologi+Anak+di+Kelas+V+SDN+126+Palembang.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Artikel ini membahas tentang keberhasilan pengembangan psikologi anak di SDN 126 Palembang yang fokus pada siswa Kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keberhasilan perkembangan psikologis anak kelas V dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan perkembangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan psikologis anak kelas V dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain lingkungan keluarga, pendidikan, dan interaksi sosial. Faktor-faktor tersebut saling berhubungan dan dapat mempengaruhi kesehatan psikologis anak. Dalam konteks pendidikan, hasil penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana sekolah dan guru dapat berperan dalam mendukung perkembangan psikologis anak. Hasil ini juga menyoroti pentingnya kerja sama antara sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan komprehensif anak. Makna praktis dari penelitian ini adalah perlunya program pendidikan dan dukungan psikologis yang lebih komprehensif bagi anak kelas 5 SD untuk menjamin keberhasilan perkembangan psikologis mereka selama masa pertumbuhan yang penting ini.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Apr 2025 12:50
Last Modified: 16 Apr 2025 12:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45622

Actions (login required)

View Item View Item