Mardiah, Astuti and MUTYATI, MUTYATI and Devi, Dwita Sari and Safana, Salsabila (2024) APLIKASI TIK TOK DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK DI SDN 158 PALEMBANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5 (1). pp. 41-46. ISSN e-ISSN: 2774-616x : p-ISSN: 2721-1339
|
Text
_3.+JIPM+KRAMAT+JATI+JAKARTA-APLIKASI+TIK+TOK+DAN+PERKEMBANGAN+PSIKOLOGI+ANAK+DI+SDN+158+PALEMBANG-1.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi TikTok dan perkembangan psikologi anak SD N 158 Palembang. Dalam era digital saat ini, aplikasi media sosial seperti TikTok telah menjadi bagian integral dari kehidupan anak-anak. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data melalui survei dan wawancara dengan anak-anak sekolah dasar serta orang tua mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok memiliki dampak signifikan pada perkembangan psikologi anak-anak. Secara positif, aplikasi ini dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan sosial, dan ekspresi diri anak-anak. Namun, juga ditemukan bahwa penggunaan berlebihan atau tidak terkontrol dapat mengakibatkan gangguan tidur, peningkatan kecemasan, dan penurunan kinerja akademik. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi TikTok pada anak sekolah dasar memiliki potensi baik dan buruk terhadap perkembangan psikologi mereka. Oleh karena itu, peran orang tua dan pendidik dalam mengawasi dan membimbing anak-anak dalam penggunaan aplikasi ini menjadi penting untuk memaksimalkan manfaat positifnya sambil meminimalkan dampak negatifnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 12:54 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 12:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |