Peran Guru dan Pemahaman Psikologi Anak dalam Pembelajaran

Mardiah, Astuti and MUTYATI, MUTYATI and Ibrahim, Ibrahim and RIKA, RIKA (2024) Peran Guru dan Pemahaman Psikologi Anak dalam Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan, 12 (1). pp. 49-57. ISSN Print ISSN : 3025-7484 Online ISSN : 3025-7476

[img]
Preview
Text
4896-Article Text-13841-1-10-20240423.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dan psikologi anak dalam proses pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 157 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan secara komprehensif tentang peran guru dan psikologi anak dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah membahas tentang peran guru dan psikologi anak dalam pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 157 Palembang. Adapun peran guru dan pemahaman psikologi anak diantaranya memahami karakter dari setiap peserta didik, mengadakan sebuah pendekatan dan juga harus memahami dari setiap kondisi yang dimiliki anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tenaga pendidik peka terhadap kondisi dari setiap peserta didiknya dan kemudian melakukan pendekatan secara perlahan dengan cara bertanya mengenai kesulitan apa yang sedang ia hadapi. Selain guru yang berperan dalam perkembangan psikologi anak, orang tua juga berperan sangat penting dalam perkembangan psikologi anak terutama di rumah. Hubungan guru dan wali murid haruslah berkesinambungan satu sama lain, dengan adanya komunikasi yang berjalan baik serta kerjasama yang baik, maka dapat mencapai tujuan yang baik bagi perkembangan psikologi anak tersebut.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Apr 2025 15:22
Last Modified: 16 Apr 2025 15:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45645

Actions (login required)

View Item View Item