Mardiah, Astuti and Dian, Syafitri and Kiki, Yulianti (2024) Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Desa Seleman Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4 (1). pp. 9979-9994. ISSN E-ISSN 2807-4238 and P-ISSN 2807-4246
|
Text
9979-9994.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan, yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik di desa Seleman Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Dalam penelitian ini, peneliti mwnggunakan pendekeatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jeneis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan yaitu kasi pelayanan umum, apparatus pelayanan dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan pelayanan publik di kantor Desa Seleman Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim yaitu dengan terjadinya interaksi antara kasi pelayanan umum, petugas aparatur penyedia layanan dan penerima layanan yang dalam hal ini adalah masyarakat serta pihak-pihak terkait seperti kepala desa dan sektretaris desa, terlebih lagi antara petugas aparatur penyedia layanan dan penerima layanan yang dalam hal ini adalah masyarakat. Artinya, interaksi yang bertujuan untuk memaknai dan menciptakan suatu pelayanan yang sesuai dengan prosedur pelayanan itu sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 15:27 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 15:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |