Fatia, Anta Riska and Maryamah, Maryamah and Yecha, Febrieanitha Putri and Mardiah, Astuti (2023) Pengembangan Media Maze Untuk Mengenalkan Pembelajaran Life Science pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pangkalan Balai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3 (6). pp. 5635-5647. ISSN E-ISSN 2807-4238 and P-ISSN 2807-4246
|
Text
5635-5647.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan pembelajaran Life Science dan juga untuk mengetahui bagaimana pengembangan media maze untuk mengenalkan pembelajaran life science pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develompemnt (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Populasi penelitian ini adalah peserta didik TK Aisyiyah Busthanul Athfal Pangkalan Balai. Jumlah sampel uji coba skala kecil yaitu 5 orang peserta didik dan uji coba skala besar 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yang berupa validasi, kepraktisan dan keefektifan. Hasil data diperoleh hasil angket uji validasi dan keefektifan kemudian dianalisis menggunakan skala likert. Berdasarkan aturan skor angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Maze untuk mengenalkan pembelajaran Life Science yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian ahli materi yaitu 95% sehingga dinyatakan sangat valid, hasil penelitian validasi bahasa yaitu 80% sehingga dinyatakan valid, hasil penelitian media yaitu 96% sehingga dinyatakan sangat valid dan hasil penilian ahli praktisi 96% sehingga dinyatakan sangat valid. Berdasarkan uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah yaitu 96% sehingga dinyatakan sangat praktis dan berdasarkan hasil angket instrument peserta didik yang dilakukan dalam bentuk wawancara dan observasi yaitu pada hasil uji coba skala kecil sebesar 96,8% dan uji coba skala besar memperoleh hasil sebesar 95% sehingga pada tahap uji coba keduanya dinyatakan sangat efektif. Data disimpulkan bahwa Media Maze untuk mengenalkan pembelajaran Life Science ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 14:26 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 14:26 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |