Mardiah, Astuti and MUTYATI, MUTYATI and Ibrahim, Ibrahim and ndriana, Septiani Shenia (2023) Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Perkembangan Psikologi Anak SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 12 (2). pp. 139-149. ISSN 2654-5055
|
Text
124-1-220-2-10-20231015.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam mengandung solusi dari masalah hidup manusia dan menjadi pedoman bagi umat Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitiatif, sehingga data yang di hasilkan berupa kata dan kalimat. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa sekolah memiliki beragam metode untuk mengintegrasikan ajaran-ajaran Al-Qur'an pada peserta didik, baik melalui kurikulum formal maupun melalui budaya sekolah. Salah satu pendekatan yang digunakan oleh SD Islam Cendikia Faiha adalah penyelenggaraan mata pelajaran Agama Islam. Selain itu, sekolah juga mengadakan kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, dan ceramah keagamaan. Kegiatan-kegiatan ini membantu siswa memahami pentingnya ibadah dan mendorong mereka untuk menerapkan ibadah dalam rutinitas harian mereka. Selain itu, sekolah juga menerapkan pendekatan untuk menggabungkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam mata pelajaran lain, termasuk sejarah, sastra, bahasa, dan sains. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa memahami peran nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek kehidupan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 18 Apr 2025 01:03 |
Last Modified: | 18 Apr 2025 01:03 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |