Test Teacher Ability in Learning Evaluation in the Era of Independent Learning

Mardiah, Astuti and Siti, Maryani and Pintaria, Mubarokah and Aulia, Rizki Febriani (2023) Test Teacher Ability in Learning Evaluation in the Era of Independent Learning. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (2). pp. 5912-5917. ISSN 2685-936x

[img]
Preview
Text
putrihana99,+5912-5917.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Salah satu konsep Merdeka belajar adalah memberikan kebebasan kepada guru untuk memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Guru harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran secara mandiri. Di sekolah, guru memiliki peran dan faktor penentu dalam pencapaian tujuan pembelajaran, dan diperlukan tindakan penilaian untuk menentukan keberhasilan tujuan program pembelajaran. Fungsi evaluasi ini penting untuk mengevaluasi keberhasilan program dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, guru harus mampu melakukan penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah misalnya. 1) memahami konsep evaluasi 2) menjelaskan kompetensi guru dalam melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penulisan majalah ini adalah kajian literatur, dimana data penelitian dari berbagai teori sastra diolah dan dianalisis, kemudian dideskripsikan sedemikian rupa sehingga menghasilkan hasil yang harus dipahami terlebih dahulu oleh guru dengan konsep evaluasi terlebih dahulu. Penekanan diberikan pada pengertian, tujuan, tugas pokok dan cara penilaian, sedangkan kualifikasi guru kegiatan penilaian meliputi keahlian dalam perencanaan program penilaian, desain program penilaian, pengembangan dan implementasi program penilaian, dan evaluasi program penilaian. Penilaian diri membutuhkan kemampuan untuk merencanakan, mengevaluasi, mengolah, melaporkan dan menggunakan data dari hasil penilaian.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 18 Apr 2025 04:37
Last Modified: 18 Apr 2025 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45745

Actions (login required)

View Item View Item