Muhamad, Afandi and Mardiah, Astuti (2023) Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Implikasinya Terhadap Perilaku Sosial dalam Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7 (1). ISSN P-ISSN: 2579-625 e-ISSN: 2621-895X
|
Text
silviana,+Journal+manager,+4.+Perkembangan+Sosial+Siswa+Sekolah+DasarMadrasah+Ibtidaiyah+dan+Implikasinya+Terhadap+Perilaku+Sosial+dalam+Pembelajaran+.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan upaya guru dalam mengembangkan perilaku sosial siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Studi literatur digunakan untuk menganalisis kajian-kajian yang berkaitan dengan perkembangan sosial anak SD/MI. Pengumpulan data melalui pemeriksaan kembali data (editing), mengorganisir data yang diperoleh (organizing), dan melakukan analisis lanjutan sehingga ditemukan kesimpulan (finding). Teknik analisis data menggunakan analisis isi untuk menganalisis dan membahas secara mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Anak usia SD/MI berada pada tahap perkembangan sosial industry versus inferiority (industri vs inferior). Mereka tertarik bagaimana sesuatu diciptakan dan bagaimana sesuatu bekerja. Anak lebih sering ke luar rumah, ke sekolah atau ke rumah tetangga untuk belajar dan bermain serta menjalin hubungan sosial; (2) Perilaku sosial anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pengaruh lingkungan yang positif akan berdampak baik terhadap perkembangan sosial anak dan begitu pula sebaliknya, pengaruh lingkungan yang negatif akan berdampak tidak baik pada perkembangan sosial anak; (3) Upaya guru dalam mengembangkan perilaku sosial siswa SD/MI dapat dilakukan melalui keteladanan, nasehat, motivasi, pembiasaan, kedisiplinan, kemandirian, pengawasan, pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, serta pemberian penghargaan dan sanksi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 18 Apr 2025 04:46 |
Last Modified: | 18 Apr 2025 04:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |