Faisal, Faisal and Munir, Munir and Afriantoni, Afriantoni and Mardiah, Astuti (2021) Pemikiran Pendidikan Pesantren KH Hasyim Asy’ari dan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Intizar, 27 (1). pp. 45-56. ISSN 1412-1697
![]() |
Text
padjrindha,+Journal+editor,+4.+Layout_Faisal-1.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan pesantren tradisional K.H. Hasyim Asy’ari selama 48 tahun memimpin Pesantren Tebuireng. Penelitian ini merupakan penelitian kepustrakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah buku-buku tentang biografi K.H. Hasyim Asy’ari dan website Pesantren Tebuireng. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa pemikiran yang ditawarkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari yang identik dengan pengelolaan pesantren tradisional terdapat pada enam konsep, pertama, tujuan pendidikan adalah ibadah mengharap rida Allah Swt. untuk kebahagaian di dunia dan akhirat, mendidik calon ulama yang menguasiai pengetahuan umum (ulama intelektual) dan sarjana dalam bidang pengetahuan umum yang juga menguasai pengetahuan Islam (intelektual ulama). Kedua, pendidik terkait etika pendidik, etika ketika mengajar, dan etika pendidik kepada peserta didik. Ketiga, peserta didik terkait etika peserta didik selama belajar, etika kepada guru, dan etika terhadap mata pelajaran. Keempat, kurikulum terkait pengetahuan agama yang bersumber dari kitab kuning dan pengetahuan umum. Kelima, metode pembelajaran yaitu metode wetonan dan sorogan, metode hafalan, muhawarat, dan metode mudhaharat. dan keenam, evaluasi terkait tes lisan, tertulis, dan pengamatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 18 Apr 2025 11:50 |
Last Modified: | 18 Apr 2025 11:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |