Muizana, Alfina (2025) PENGARUH KEAMANAN DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN M-BANKING MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BSI KCP PALEMBANG SUKODADI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
Alfina Muizana cover.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana Abstrak.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text
Alfina Muizana DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk menguji dampak dari variabel keamanan (X1) dan kualitas layanan elektronik (E-Service Quality) (X2) terhadap pengambilan keputusan nasabah mengenai mobile banking pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Palembang Sukodadi, dengan kepercayaan (M) sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan perangkat lunak SEM PLS 3 untuk analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keamanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (Y) untuk menggunakan m-banking, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,556 (melebihi 1,96) dan nilai p-value sebesar 0,011 (di bawah 0,05), sehingga memvalidasi hipotesis pertama. Kedua, E-Service Quality (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memanfaatkan mbanking, dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 2,223 dan p-value sebesar 0,027, sehingga menguatkan diterimanya hipotesis kedua. Ketiga, kepercayaan (M) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan m-banking, dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 2,358 dan nilai p-value sebesar 0,019, sehingga menguatkan diterimanya hipotesis ketiga. Keempat, kepercayaan tidak meningkatkan hubungan antara keamanan dan keputusan untuk menggunakan m-banking, yang ditunjukkan oleh t-statistik sebesar 1,987 dan nilai p-value sebesar 0,047, sehingga menolak hipotesis keempat. Pada akhirnya, kepercayaan secara nyata meningkatkan dampak E-Service Quality pada keputusan untuk menggunakan m-banking, yang dibuktikan dengan t-statistik sebesar 2,109 dan p-value sebesar 0,035, dengan demikian memvalidasi penerimaan hipotesis kelima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik keamanan dan E-Service Quality sangat penting dalam keputusan nasabah untuk menggunakan m-banking, sementara kepercayaan meningkatkan korelasi antara EService Quality dan pilihan nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank Syariah Indonesia, E-Service Quality, Keamanan, Kepercayaan, Keputusan, M-Banking |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Alfina Muizana NIM. 2130603204 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:25 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |