Ro'id, Alan Muhammad (2025) Pemberdayaan Politik Ekonomi Umat Islam Melalui 212 Mart (Studi pada 212 Mart kayuagung). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) |
Abstract
Pemberdayaan politik ekonomi sebagai upaya untuk memberikan daya atau penguatan kepada masyarakat, pemberdayaan yang kini gencar menjadi program pengentasan kemiskinan oleh Pemerintah sebagai pembangunan pada masyarakat desa sebagai suatu proses di mana orang-orang secara bersama-sama dengan penjabat-penjabat pemerintah berusaha untuk memperbaiki keadaan perekonomian, sosial, dan kebudayaan dalam masyarakat. Kegiatan ekonomi umat dalam hal ini menghasilkan implikasi politik karena adanya distribusi kekuasaan antara beberapa aktor dan grup-grup sosial seperti halnya 212 mart. 212 mart adalah koperasi nasional yang didirikan oleh tokoh-tokoh umat Islam sebagai implementasi semangat aksi 212 yang penuh persaudaraan dan kebersamaan. Semangat ini kemudian diwujudkan pada upaya menjadikan koperasi syariah 212 mart sebagai wadah perjuangan ekonomi umat islam. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah upaya pemberdayaan politik ekonomi ummat Islam pada 212 mart Kayuagung serta Aktor Politik yang ikut terlibat pada pembentukan 212 mart Kayuagung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif hasil olah data menggunakan sumber data primer ialah data yang diperoleh langsung dilapangan dan data sekunder ialah data yang didapat dari kepustakaan, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada responden yang berhubungan dengan skripsi ini. Konsep teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemberdayaan, Politik Ekonomi, Umat Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan politik ekonomi umat Islam di 212 Mart mencakup berbagai dimensi, termasuk penguatan ekonomi umat melalui akses pasar bagi produk halal, pemberdayaan usaha kecil, dan penguatan nilai-nilai syariah dalam ekonomi. Selain itu, dukungan dari aktor politik yang terlibat dalam pembetukan 212 mart yang melibatkan sejumlah tokoh dan kelompok yang memiliki hubungan dengan gerakan Aksi 212 atau kelompok Islam di Indonesia, baik dari level lokal maupun nasional. Mereka mencakup politisi dan partai politik, pemerintah, tokoh organisasi kemasyarakatan dan keagamaan, serta birokrasi yang mendukung konsep ekonomi berbasis syariah, memainkan peran penting dalam mendukung keberlanjutan dan ekspansi 212 Mart. Inisiatif ini tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi semata, tetapi juga pada peningkatan kesadaran politik umat Islam terhadap pentingnya ekonomi berbasis syariah dalam konteks negara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Politik Ekomoni, Umat Islam, 212 Mart Kayuagung |
Subjects: | Adab dan Humaniora > Politik Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam |
Depositing User: | Alan Muhammad Roid 1810404001 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:40 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:40 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |