PENGARUH PENERAPAN TEKNIK COOPERATIVE LEARNING TIPE KELILING KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR QUR’AN HADIST SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TRIMOHARJO (Skripsi)

Trirahayu, Desi (2016) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK COOPERATIVE LEARNING TIPE KELILING KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR QUR’AN HADIST SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TRIMOHARJO (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan penerapan perkembangan jaman, guru dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menciptakan pembelajaran yang kretif dan bervariasi. Dalam menciptakan pembelajaran yang bervariasi dan dapat meningkatkan peran serta peserta didik dalam pembelajaran. Cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan siswa yaitu dengan menggunakan metode dan teknik pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang berkembang saat ini adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran ini menggunkan kelompok-kelompok kecil sehingga siswa-siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan Teknik Cooperative Learning Tipe Keliling Kelas pada mata pelajaran Qur’an Hadist siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo? 2) Bagaimana kreativitas belajar Qur’an Hadist siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri trimoharjo? 3) Bagaimana pengaruh penerapan Teknik Cooperative Learning Tipe Keliling Kelas dalam mengembangkan kreativitas belajar Qur’an Hadist siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo? Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu eksperimen. Dalam penelitian eksperimen ini, peneliti menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-Group Comparation pada desain ini terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian, tetapi dibagi dua, yaitu setengah kelompok untuk Eksperimen (yang diberi perlakuan), dan setengah untuk kelompok Control (yang tidak diberi perlakuan). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Cooperative learning tipe Keliling Kelas pada mata pelajaran Qur’an Hadist tergolong baik. Perkembangan kreativitas belajar siswa pada kelas Eksperimen mengalami peningkatan skor mean jika dibandingkan dengan perkembangan Kreativitas belajar siswa pada kelas Control yaitu 75,5 (Control) meningkat menjadi 86,45 (Eksperimen). Hasil uji hipotesis dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (to = 21,48) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts. 5% = 2,04 dantt.ts. 1% = 2,75) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt ; yaitu 2,09 <21,48> 2,84. Jadi, karena to lebih besar daripada tt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa ada pengaruh penenerapan teknik Cooperative Learning tipe keliling kelas dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe, one-Group Comparation, Eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 03:38
Last Modified: 03 May 2016 03:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item