SUNGKAR, LUTFIATUL (2025) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI DOWN SYNDROME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) YPAC PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf Download (193kB) |
Abstract
Peningkatan motivasi belajar pada siswa dengan down syndrome merupakan tantangan yang membutuhkan pendekatan komunikasi yang efektif, terutama di lingkungan Sekolah Luar Biasa (SLB). Di Sekolah Luar Biasa (SLB) YPAC Palembang, pola komunikasi yang digunakan guru berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa down syndrome di Sekolah Luar Biasa (SLB) YPAC Palembang, dengan mempertimbangkan pola komunikasi primer dan interaksional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima guru dan siswa down syndrome, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan guru, seperti komunikasi verbal yang sederhana, penguatan positif, dan pendekatan emosional, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Pola komunikasi primer, berupa komunikasi langsung dan interaksi emosional antara guru dan siswa, terbukti efektif dalam membangun hubungan yang mendalam dan meningkatkan keterlibatan siswa. Selain itu, pola komunikasi interaksional, yang melibatkan tanya jawab aktif, umpan balik, dan respons timbal balik antara guru dan siswa, memperkuat pemahaman dan mendorong motivasi belajar. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator yang menciptakan suasana belajar yang kondusif. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inklusif di SLB. Kata Kunci: Pola komunikasi, motivasi belajar, down syndrome, SLB YPAC Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola komunikasi, motivasi belajar, down syndrome, SLB YPAC Palembang |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Lutfiatul Sungkar 2120501059 |
Date Deposited: | 16 May 2025 08:22 |
Last Modified: | 16 May 2025 08:22 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |