PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN GEN Z MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA

SYAPUTRI, DWI OKTAVIANI (2025) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN GEN Z MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRAK DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAK DWI OKTAVIANI SYAPUTRI 2120603063.pdf

Download (225kB)

Abstract

Dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia menawarkan potensi yang sangat besar bagi pertumbuhan perbankan islam. Namun, keterlibatan generasi muda, khususnya Gen Z, dalam menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia masih menjadi tantangan. Penekanan pada mahasiswa Prodi S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang angkatan 2021–2022, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana teknologi informasi dan sosial media memengaruhi pengambilan keputusan Generasi Z. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang mengumpulkan informasi melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan software SPSS untuk menguji hubungan antara variabel teknologi informasi dan sosial media terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah. Populasi penelitian ini adalah 640 mahasiswa Prodi S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang angkatan 2021–2022, yang termasuk Gen Z dan berpotensi menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria Gen Z (lahir 1997-2012). Rumus Slovin dengan batas toleransi kesalahan 10% digunakan untuk menghitung ukuran sampel minimal 86 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa keputusan Gen Z tidak dipengaruhi secara signifikan oleh variabel teknologi. Hal ini disebabkan rendahnya pemanfaatan teknologi informasi untuk mengakses informasi terkait Bank Syariah Indonesia. Sebaliknya, sosial media menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dengan t-hitung 5,554 (tabel 1,988) dan signifikansi 0,000 (< 0,05). Sosial Media terbukti menjadi platform utama yang membentuk preferensi Gen Z melalui interaksi digital, promosi, dan pengaruh sosial dari lingkungan sekitar. Strategi pemasaran berbasis sosial media dinilai efektif untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa sebagai nasabah perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Gen Z, Perbankan Syariah, Teknologi, Media Sosial, Keputusan Nasabah, Bank Syariah Indonesia, Pemasaran Digital, Preferensi Mahasiswa.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Dwi Oktaviani Syaputri 2120603063
Date Deposited: 20 May 2025 08:04
Last Modified: 20 May 2025 08:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46384

Actions (login required)

View Item View Item