ANALISIS PENGARUH INFLASI, BI RATE DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2014 (Skripsi)

Indarti, Tantik (2016) ANALISIS PENGARUH INFLASI, BI RATE DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2014 (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Tantik Indarti_FebEkoIsl.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Keberadaan Pasar Modal memberikan manfaat sebagai sumber pembiayaan, tempat investasi, penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan. Jakarta Islamic Index adalah salah satu indeks saham yang ada di Indonesia yang menghitung indeks harga rata-rata saham untuk jenis saham-saham yang memenuhi kriteria syariah. Tujuan pembentukan Jakarta Islamic Index adalah meningkatkan kepercayaan investor untuk melakukan investasi pada saham berbasis syariah dan memberikan manfaat bagi pemodal dalam menjalankan syariah Islam untuk melakukan investasi di Bursa Efek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Inflasi, BI Rate dan Jumlah Uang Beredar terhadap Jakarta Islamic Index. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berupa data perbulan yaitu dari periode januari 2013 sampai desember 2014 yang diperoleh dari Bank Indonesia dan Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS 17.0 dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk menguji koefisien regresi parsial, serta uji F untuk menguji pengaruh secara simultan. Selain itu dilakukan juga uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, secara Parsial Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Index. Kedua, BI Rate juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Index. Ketiga, M2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Index. Keempat, secara simultan Inflasi, BI Rate dan M2 berpengaruh signifikan terhadap Jakarta Islamic Index.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jakarta Islamic Index (JII), Inflasi, BI Rate, Jumlah Uang Beredar, dan Regresi Linear Berganda
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 04:08
Last Modified: 03 May 2016 04:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item