arahman, arahman (2018) STRATEGI HUMAS PUSKESMAS KERTAPATI DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pusat Kesehatan Masyarakat Kertapati Kota Palembang). Other thesis, UIN raden Fatah Palembang.
|
Text
Skripsi.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Arahman 2013, Strategi Humas Puskesmas Kertapati Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Bentuk Pelayanan, Kepuasan Pasien Persaingan bisnis di bidang kesehatan terjadi pada seluruh pelayanan, termasuk Puskesmas. Puskesmas pada pelaksanaannya harus meningkatkan orientasi pada kebutuhan masyarakat dan sekaligus menjadi organisasi yang selalu meningkatkan pelayanan. Dalam menghadapi perubahan lingkungan, Puskesmas perlu melakukan perubahan-perubahan mendasar yang mengacu pada aspek internal program yang meliputi kehumasan, dana, kegiatan penyuluhan sekolahan, kegiatan penyuluhan posyandu, kegiatan puskesmas keliling, dan SDM. Untuk itu perlu dilakukan penelitan tentang kepuasan pasien dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga dipakai sebagai bahan masukkan penyusunan Strategi Humas Puskesmas Kertapati Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat khususnya. Secara garis besar strategi pelayanan jasa yang pokok berkaitan dengan kualitas jasa dan pengelola produktivitas pelayanan terhadap pasien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang mengambil latar Puskesmas Kertapati Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunkan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data ix dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan baru kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Strategi pelayanan yang dipakai dalam melayani Puskesmas Kertapati Palembang yaitu menggunakan model praktek perawat professional yang terbagi berdasarkan ketentuan yang sudah disepakati bersama. Proses pelaksanan pelayanannya dengan menggunakan prosedur tertentu yaitu sudah dilakukan berdasarkan asuhan keperawatan standar operasional perawatan dalam memberi pelayanan pada pasien. 2) Penerapan staretegi pelayanan memberi implikasi positif baik dalam penerima jasa perawatan maupun merawat, yang dalam memberi perawatan berdasarkan kerja tim sesuai dengan tanggung jawab masing-masing dan telah diatur dalam shift kerjanya. Implikasi positif dan mekanisme kerja ini akan menimbulkan kepuasan para pengguna jasa Puskesmas dalam menjalani berobat untuk menuju kesembuhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | dakwah dan komunikasi |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 08:44 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 08:44 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4668 |
Actions (login required)
View Item |