Gustine, Yolanda Ayuni (2025) PENGARUH BEAUTY INFLUENCER DAN FASHION INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU REMAJA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI PDF.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK PDF.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan media sosial di kalangan remaja, khususnya platform TikTok, yang dinilai memiliki pengaruh terhadap perilaku dan pola pikir remaja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Patricia (2024), sebanyak 81% responden berusia 15–26 tahun menyatakan bahwa konten yang mereka konsumsi di TikTok berdampak terhadap kesehatan mental mereka. Temuan awal melalui pra-survei yang dilakukan di SMK Mandiri Palembang menunjukkan bahwa sejumlah siswi terlihat terpengaruh oleh tren yang disebarkan melalui media sosial, khususnya yang berkaitan dengan konten dari beauty influencer dan fashion influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Beauty Influencer dan Fashion Influencer di media sosial TikTok terhadap perilaku remaja di SMK Mandiri Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi SMK Mandiri Palembang dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications oleh Helbert Blumler dan Elihu Katz 1974, yang mencakup lima aspek kebutuhan yitu Kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan ketegangan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01, yang lebih kecil dari batas yang telah ditentukan sebesar 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil (H₀) ditolak, dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya, secara simultan, variabel Beauty Influencer dan Fashion Influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku remaja. Kata Kunci : Beauty Influencer, Fashion Influencer, Media Sosial, Perilaku Remaja, Uses and Gratification Theory
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yolanda Ayuni Gustine 2130701092 |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:26 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |