METODE DAKWAH BI AL-HAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 30 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

Nugroho, Heru (2017) METODE DAKWAH BI AL-HAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 30 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Other thesis, UIN raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Heru Nugroho 13510022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dakwah di wajibkan bagi setiap muslim, banyak cara yang bisa dipilih dalam menyampaikan pesan dakwahnya, hukum berdakwah menurut pendapat ulama di bagi menjadi dua yaitu, fardhu ain dan fardhu kifayah dengan demikian setiap orang wajib melaksanakan kegiatan dakwah. Salah satunya menggunakan metode dakwah bi al-hal yaitu dakwah secara langsung dengan perbuatan atau contoh-contoh yang baik, lalu bagaimana ketika metode dakwah bi al-hal itu diterapkan di lingkungan sekolah pastinya penerapan dan penyampaiannya berbeda dengan penerapan di lingkungan masyarakat, karna daya serap mad’u dalam hal ini siswa berbeda dengan daya serap orang dewasa, untuk itu da’i dalam hal ini guru harus bisa melihat peluang yang ada dalam menerapkan metode dakwah bi al-hal, “Metode Dakwah Bi Al-Hal dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 30 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.” Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana penerapan dakwah bi al-hal di SD Negeri 30 Talang Kelapa, adakah faktor pendukung dan faktor penghambat dakwah bi al-hal di SD Negeri 30 Talang Kelapa, dan apakah metode dakwah bi al-hal bisa menjadi solusi dalam penerapan metode belajar di SD Negeri 30 Talang Kelapa. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui penerapan dakwah bi al-hal di lingkungan SD Negeri 30 Talang Kelapa, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam menerapkan dakwah bi al-hal ini, untuk dapat mengetahui metode dakwah bi al-hal sebagai metode megajar di SD Negeri 30 Talang Kelapa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Studi deskriptif adalah bagian dari penelitian kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu masalah, gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Dari penelitian di atas dan rumusan masalah yang dibuat dapat disimpulkan bahwa penerapan dakwah bi al-hal di SD Negeri 30 Talang Kelapa kualitasnya baik. Guru menjadi teladan yang baik (ushwathun hasanah) baik dari perkataan maupun perbuatan yang dilakukan guru, kepala sekolahpun telah mengingatkan kepada seluruh tenaga pengajar di SD Negeri 30 Talang Kelapa dari kepala sekolah hingga penjaga sekolah untuk memberikan contoh yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:18
Last Modified: 31 Oct 2019 08:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item