Junita, Susan (2025) KONSTRUKSI IDENTITAS REMAJA DALAM PEMAKAIAN TAS BRANDED (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Identitas dipandang sebagai peran yang dimainkan di hadapan audiens sosial dengan menggunakan simbol seperti fashion, gaya bicara, atau aksesori seperti tas branded untuk menyampaikan pesan tertentu. Latar belakang penelitian ini dilandasi maraknya tren penggunaan tas branded dalam membangun identitas di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa mengonstruksi identitas dirinya dalam pemakaian tas branded dan memproyeksikan gambaran dirinya melalui interaksi dengan simbol-simbol ter-tentu di lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial, yang menjelaskan bahwa realitas sosial dibentuk melalui proses interaksi manusia yang berlangsung secara terus menerus. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, di mana data data dikumpulkan melalui observasi, wawancara langsung dengan mahasiswa pemakai tas branded yang ada di UIN Raden Fatah Palembang yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa mengkonstruksikan identitas dalam pemakaian tas branded melalui serangkaian strategi simbolik. Serangkaian tersebut mencakup dalam pemilihan merek, keselarasan dengan gaya berpakaian, serta pengelolaan perilaku dan komunikasi yang mencerminkan citra diri yang diinginkan. Pemilihan tas branded dilakukan secara sadar untuk menunjukkan selera, status sosial, dan afiliasi terhadap tren tertentu. Lebih dari sekadar simbol gaya, tas branded menjadi media strategis yang memungkinkan mahasiswa menampilkan identitas secara konsisten dan terencana dalam berbagai konteks sosial. Selain itu, tas branded tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap penampilan, tetapi juga sebagai representasi visual dari identitas pribadi. Mahasiswa memadukan tas branded dengan outfit yang serasi dan menjaga cara bersikap agar sejalan dengan kesan yang ingin ditampilkan, baik di lingkungan kampus maupun di media sosial. Melalui tindakan-tindakan ini, mereka secara aktif membentuk narasi tentang siapa diri mereka di mata orang lain. Kata Kunci : Konstruksi Identitas, Mahasiswa, Tas Branded
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruksi Identitas, Tas Branded, Makna, Identitas Sosial |
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Susan Junita 2130701091 |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:08 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |