PENGARUH INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR, DAN BI RATE TERHADAP TABUNGAN MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH PERIODE 2009-2013 (Skripsi)

Yulianti, Yulianti (2016) PENGARUH INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR, DAN BI RATE TERHADAP TABUNGAN MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH PERIODE 2009-2013 (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Yulianti_FebEkoIsl.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Bank syariah sebagai lembaga kepercayaan masyarakat dan merupakan bagian dari sistem moneter mempunyai kedudukan strategis sebagai penunjang pembangunan ekonomi. Beberapa penelitian baik di dalam maupun di luar negeri menemukan bahwa perilaku nasabah dalam memilih bank syariah didorong oleh faktor memperoleh keuntungan. Dengan demikian, menjadi cukup penting bagi bank syariah untuk tetap menjaga kualitas bagi hasil yang diberikan kepada nasabahnya. Tingkat bagi hasil pada bank syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya dari segi eksternal yakni dari sudut perekonomian makro. Faktor eksternal merupakan risiko sistematis yang tidak dapat dikendalikan oleh suatu unit bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Inflasi, Jumlah Uang Beredar, dan BI Rate terhadap Tabungan Mudharabah pada perbankan syariah di Indonesia. Data yang digunakan adalah data time series. Periode Desember 2009 sampai dengan Desember 2013, yang dipublikasikan oleh Bank Indonesia dari laporan statistik perbankan syariah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Regresi Linier Berganda.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inflasi tidak mempunyai pengaruh terhadap Tabungan Mudharabah. Variabel jumlah uang beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tabungan Mudharabah. Sedangkan BI Rate tidak mempunyai pengaruh terhadap Tabungan Mudharabah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Jumlah Uang Beredar, BI Rate, Tabungan Mudharabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 05:49
Last Modified: 03 May 2016 05:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item