., RENDIANO (2025) PENGARUH DAYA TARIK WISATA, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA SAUNG Z DESA KARANG TANDING KABUPATEN EMPAT LAWANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
![]() |
Text
1. Caver.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
3. Bab 1 Hlm 23-40.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. Bab 2 Hlm 41-75.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. Bab 3 Hlm 76-92.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. Bab 4 Hlm 93-122.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. Bab 5 Hlm 123-126.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. Daftar Pustaka Hlm 127- 133.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik wisata, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Saung Z Desa Karang Tanding Kabupaten Empat Lawang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi pariwisata syariah sebagai upaya pengembangan pariwisata lokal yang mengedepankan nilai-nilai Islami. Penelitian ini mengunakan data primer dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini kurang lebih 18.000 pengunjung per-tahun. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang pengunjung objek wisata. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian validitas, reabilitas, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik wisata berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, promosi bepengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya strategi promosi yang lebih efektif, pengelolaan daya tarik wisata yang maksimal dan peningkatan kualitas fasilitas yang nenunjang kenyamanan wisatawan selama berkunjung serta untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan sektor pariwisata, khususnya di Kabupaten Empat Lawang. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan berkunjung, pihak pengelola dapat lebih fokus dalam merumuskan strategi promosi dan pengelolaan wisata yang tepat. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam mengkaji potensi wisata pada destinasi lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik Wisata, Promosi, Fasilitas, Keputusan Berkunjung, Pariwisata Syariah. |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Rendiano 2120602038 |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |