Pelaksanaan Layanan Referensi Perpustakaan di MAN 2 Palembang

Nabila, Salsa (2025) Pelaksanaan Layanan Referensi Perpustakaan di MAN 2 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Layanan Referensi Perpustakaan di MAN 2 Palembang”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan layanan referensi perpustakaan dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan referensi perpustakaan di MAN 2 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala Madrasah, Kepala Perpustakaan dan Staf Perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan referensi perpustakaan di MAN 2 Palembang sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pelaksanaan layanan referensi perpustakaan di MAN 2 Palembang dengan adanya kesiapan petugas, bersikap ramah dan fokus, mendengarkan dan menganalisis pertanyaan, pencarian sumber yang relevan, pemberian informasi dan memastikan kepuasan pengunjung, serta adanya dokumentasi atau pencatatan. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya sarana prasarana yang menunjang dan nyaman untuk melakukan pencarian informasi dan adanya sikap ramah, sapa, salam, sopan dan santun. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya pustakawan dan kurangnya referensi di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Layanan Referensi, Perpustakaan
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Organisasi dan manajemen perpustakaan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Pelayanan dan pengolahan perpustakaan, arsip dan pusat informasi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Pelayanan dan pengolahan perpustakaan, arsip dan pusat informasi > Pelayanan kepada pemakai
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Pelayanan dan pengolahan perpustakaan, arsip dan pusat informasi > Pemeliharaan dan pengawetan bahan pustaka
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Perpustakaan umum > Perpustakaan sekolah
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Membaca, kebiasaan membaca
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Salsa Nabila 2120203047
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:18
Last Modified: 19 Jun 2025 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47317

Actions (login required)

View Item View Item