OPTIMALISASI KOMUNIKASI EKSTERNAL HUBUNGAN MASYARAKAT PT. KAI DIVISI REGIONAL III PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN

Rizqie, A Aditya (2025) OPTIMALISASI KOMUNIKASI EKSTERNAL HUBUNGAN MASYARAKAT PT. KAI DIVISI REGIONAL III PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover adit.pdf

Download (151kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
bab i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (182kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi komunikasi eksternal Hubungan Masyarakat (Humas) PT. KAI Divre III Palembang dalam meningkatkan citra perusahaan. Insiden dugaan pelecehan seksual di kereta api pada tahun 2021 mengungkapkan ketidak efektifan Humas dalam menjaga citra perusahaan, sehingga diperlukan strategi komunikasi yang lebih efisien. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari pegawai Humas yang terlibat dalam komunikasi eksternal. Penelitian menggunakan teori Manajemen Relasi untuk memahami interaksi antara organisasi dan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi komunikasi eksternal mencakup membangun hubungan dengan pihak eksternal, peningkatan layanan, sosialisasi dan edukasi, pemilihan media yang tepat, dan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Strategi komunikasi yang transparan dan responsif terhadap kebutuhan publik terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan dan citra positif perusahaan. Kualitas hubungan yang terjalin antara Humas dan publik menjadi indikator keberhasilan dalam manajemen relasi. Penelitian ini menekankan pentingnya komunikasi yang efektif dalam membangun hubungan saling menguntungkan antara PT. KAI dan masyarakat. Dengan meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat program(CSR), PT. KAI dapat memperbaiki citra perusahaan dan memenuhi harapan publik, mendukung keberlanjutan dan reputasi perusahaan di mata masyarakat. Kata Kunci: Komunikasi Eksternal, Hubungan Masyarakat, Citra Perusahaan, PT. KAI, Manajemen Relasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: A. ADITYA RIZQIE 2110701015
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:23
Last Modified: 07 Jul 2025 08:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47729

Actions (login required)

View Item View Item