BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS AJARAN ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA PENYANDANG TUNANETRA DI PANTI DISABILITAS SENSORIK PALEMBANG

Sabrina, Junita (2025) BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS AJARAN ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA PENYANDANG TUNANETRA DI PANTI DISABILITAS SENSORIK PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Mengembangkan Kemandirian pada Remaja Penyandang Tunanetra di Panti Disabilitas Sensorik Palembang". Kemandirian kerap kali muncul dari adanya bergantungan yang terus menerus terhadap orang lain atau pada situasi. Di era modern, kemandirian penting untuk beradaptasi dan mencapai kesejahteraan. Islam mengajarkan kemandirian dengan kesadaran akan hukum Allah, adat, dan aturan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian pada remaja penyandang tunanetra sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok berbasis ajaran Islam serta untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis ajaran Islam untuk mengembangkan kemandirian pada remaja penyandang tunanetra di panti disabilitas sensorik palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek yang diambil ialah remaja disabilitas sensorik palembang sebanyak 8 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa gambaran kemandirian sebelum diberikan bimbingan kelompok berbasis ajaran Islam ialah remaja cenderung bergantung pada orang lain dan kurang inisiatif dalam beribadah. Bimbingan kelompok dilakukan dalam empat tahap yaitu awal, peralihan, kerja, dan akhir. Setelah diberikan bimbingan kelompok berbasis ajaran Islam hasilnya menunjukkan bahwa bimbingan kelompok berbasis ajaran Islam efektif dalam mengembangkan kemandirian dan kualitas hidup penyandang tunanetra sebagai langkah menuju kehidupan yang lebih baik. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Ajaran Islam, Kemandirian, Remaja Tunanetra

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Ajaran Islam, Kemandirian, Remaja Tunanetra
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > pelayanan sosial
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: JUNITA SABRINA 2120502026
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:27
Last Modified: 09 Jul 2025 07:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47760

Actions (login required)

View Item View Item