PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN DANA KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA USAHA (KSP-KU) DI DESA KERTAMUKTI KECAMATAN AIR SUGIHAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (Skripsi)

Wijayanti, Tuti (2016) PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN DANA KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA USAHA (KSP-KU) DI DESA KERTAMUKTI KECAMATAN AIR SUGIHAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Tuti Wijayanti_FebEkoIsl.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Dengan terbentukknya suatu kerja sama dalam suatu daerah atau kelompok untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang sekarang ini sangat dikhawatirkan masyarakat. Namun pengelolaan dana Koperasi secara umum belum banyak diterapakan secara keseluruhan. Salah satunya yang mencakup koperasi yaitu cara pengelolaan dananya. Cara pengelolaan dana merupakan salah satu cara pelaksanaan atau cara kerja pada suatu badan usaha koperasi. Karena disetiap propinsi berbeda-beda. Di desa Kertamukti juga perpartisipasi dalam pembentukan koperasi yang ada dan diterapkan mengenai: “Perspektif Ekonomi Islam terhadap Pengelolaan Dana Koperasi Simpan Pinjam Karya Usaha (KSP-KU) di Desa Kertamukti Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Permasalahan yang diangkat dalam tema di atas mengenai bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap pengelolaan dana koperasi simpan pinjam karya usaha (KSP-KU) Di desa Kertamukti Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam usaha menjawab permasalahan tersebut penulis melakukan wawancara terhadap beberapa informasi yang mengenai pengelolaan dana koperasi karya usaha, serta beberapa literatur lainnya yang berkaitan dengan koperasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan dana simpan pinjam karya usaha di desa Kertamukti ini masih belum menerapkan prinsip-prinsip Syari’ah. Hendaknya pengelolaan dana simpan pinjam karya usaha diterapkan prinsip-prinsip Syari’ah agar banyak kontribusi bagi koperasi dalam mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi umat Islam. Pengelolaan dana koperasi sebaiknya diterapkan dengan sistem Syari’ah yang bisa menciptakan proses yang cepat,tepat, dan juga dipertanggung jawabkan. Oleh sebab itu, pengelolaan dana koperasi Simpan Pinjam Karya Usaha harus dikelola dengan baik dan berbasis Syari’ah supaya di dalamnya tidak ada unsur riba’ sehingga dapat membantu perekonomian dan mensejahterakan umat Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Simpan Pinjam, Perspektif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 08:11
Last Modified: 03 May 2016 08:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item