KONSEP LITERASI INFORMASI MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAH AL-ALAQ AYAT 1-5 ANALISIS TAFSIR JALALAIN

MIFTAKHUL JANAH, 1564400063 (2019) KONSEP LITERASI INFORMASI MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAH AL-ALAQ AYAT 1-5 ANALISIS TAFSIR JALALAIN. Other thesis, Program Studi Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
Text
MIFTAKHUL JANAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep literasi informasi menurut perspektif al-quran surah al-alaq 1-5 (kajian teori literasi informasi dengan pendekatan tafsir jalalain). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep literasi dalam Al-quran melalui ayat-ayat yang berisi literasi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Al-Qur‟an terjemah, proses yang dilakukan dengan melakukan penelusuran ayat-ayat Al-Qur‟an yang berkaitan dengan literasi informasi dan menyajikan dengan tafsir Jalalain. Kemudian teknik analisis data yaitu dilakukan dengan mereduksi data ayat-ayat yang telah dikumpulkan yang berkaitan dengan literasi informasi, menyajikan data, serta membuat kesimpulan tentang konsep literasi dan literatur yang berkaitan dengan penelitian ini serta sumber-sumber tertulis yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep literasi dalam Al-Quran yang terkandung dalam surat Al-Alaq yang memerintahkan membaca dan menulis selain motivasi untuk menjalankan perintah Al-Quran dalam arti yang seluas luasnya, dan dapat disimpulkan bahwa membaca tidak hanya membaca buku saja melainkan membaca seluruh alam dan seisinya. Kemudian surat Al-Alaq ayat 1-5 ini membawa manusia menjadi melek informasi. Kata kunci: Literasi Informasi, Perspektif Al-Qur’an, Al-Alaq, Tafsir Jalalain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? Z665 ??
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 06 Nov 2019 14:43
Last Modified: 06 Nov 2019 14:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4837

Actions (login required)

View Item View Item