PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG TERHADAP BARANG PASCAPEMBELIAN SECARA ON-LINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Skripsi)

Sari, Risna (2016) PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG TERHADAP BARANG PASCAPEMBELIAN SECARA ON-LINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Risna Sari_FebEkoIsl.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Dalam ranah bisnis on-line banyak didapatkan berbagai kasus yang berhubungan dengan transaksi tersebut. Semakin meningkat transaksi jual beli baik barang maupun jasa secara on-line semakin tinggi pula konsumen yang merasa dirugikan pascapembelian. Dunia perguruan tinggi mempuyai pengaruh pada transaksi pembelian barang secara on-line. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang terhadap barang pascapembelian secara on-line dalam perspektif Ekonomi Islam. Dalam masalah transaksi jual beli secara on-line ini jika produsen atau penjual barang tidak mengirimkan barang pesanan atau mengirimkan barang tidak sesuai dengan pesanan maka dapat digolongkan batil yaitu dalam bentuk penipuan. Pada saat konsumen merasa dirugikan dengan barang yang diterimanya maka dapat digolongkan tidak ada keridhaan bagi salah satu pihak. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan data awal dengan menggunakan meode kuesioner terhadap 30 mahasiswa yang pernah melakukan pembelian barang secara on-line yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan rumus index %. Maka didapatkan persentase persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terhadap barang pascapembelian secara on-line di setiap indkator baik persepsi terhadap citra merek, persepsi terhadap resiko (keuangan, kinerja, psikologi, fisiologis, sosial, waktu) dan persepsi terhadap kualitas layanan. Persepsi berbeda-beda pada setiap indikator, hal ini dikarenakan perbedaan pengalaman yang didapatkan pada tiap mahasiswa setelah melakukan pembelian barang secara on-line. Kesimpulan dalam studi ini, bahwa antara akad dan transaksi yang terjadi harus sesuai dan persepsi setiap konsumen akan berbeda sesuai dengan pengalaman yang didapatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, barang, transaksi on-line dan mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 08:50
Last Modified: 03 May 2016 08:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item